Minggu, 04 Februari 2024

SELAYANG PANDANG KECAMATAN TAKISUNG

 

Kecamatan Takisung adalah  salah satu kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kecamatan ini merupakan salah satu permukiman tertua di Tanah Laut, namanya sudah ada dalam Hikayat Banjar yang ditulis terakhir pada tahun 1663.

Profil singkat Kecamatan Takisung
Provinsi : Kalimantan Selatan
Kabupaten : Tanah Laut
Kecamatan : Takisung
Jumlah Desa/Kelurahan : 12
Luas : 343 km²
Batas Wilayah : Utara berbatasan dengan Kecamatan Kurau, Timur berbatasan dengan Kecamatan Pelaihari, Barat berbatasan dengan Laut Jawa dan Selatan dengan Kecamatan Panyipatan

Kecamatan Takisung memiliki demografi yang beragam dengan mayoritas penduduk beragama Islam dan suku Banjar. Tingkat pendidikan di sini tergolong cukup tinggi dan mata pencaharian utama penduduk adalah sebagai petani.

Dipimpin oleh camat dan dibantu oleh para kepala seksi, pemerintahan kecamatna takisung menjalankan fungsi dan tugas berupa :
  1. Melaksanakan kebijakan program pemerintah daerah
  2. Melaksanakan pelayanan publik
  3. Membina dan memberdayakan masyarakat
  4. Menjaga keamanan dan ketertiban
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pemerintah daerah
Sektor utama penggerak perekonomian di Kecamatan Takisung adalah
  1. Sektor pertanian : padi, jagung, ubi, dan sayuran
  2. Sektor perikanan : perikanan laut dan tambak
  3. Sektor perdagangan
  4. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah dan
  5. Sektor pariwisata
Fasilitas pendidikan di Kecamatan Takisung cukup lengkap seperti SD (23 SD Negeri & 6 SD swasta), SMP, SMA dan SMK dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam hal pendidikan cukup tinggi yakni hampir semua anak usia sekolah mengikuti pendidikan formal.

Terkait dengan pelayanan kesehatan, masyarakat Takisung memiliki akses yang cukup mudah terhadap hal tersebut dimana jarak antara tempat tinggal dan fasilitas kesehatan relatif dekat, fasilitas kesehatan tersebut antara lain :

  1.  Puskesmas : 1 puskesmas dengan beberapa puskesmas pembantu
  2. Klinik : 5 klinik swasta
  3. Praktik dokter : 10 praktik dokter swasta dan
  4. Apotek : 7 apotek
Kecamatan Takisung merupakan Kecamatan dengan potensi yang besar. Fasilitas pendidikan dan kesehatan di sana cukup lengkap dan teruse berkembang. Takisung juga memiliki objek wisata yang sangat menarik dimana pemerintah dan pihak swasta akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan. Pemerintah Kecamatan Takisung akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat diberbagai bidang, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk tinggal dan berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARI TUNA SEDUNIA

Hari tuna sedunia diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan tuna. Tun abukan sekadar ikan ya...