Selasa, 20 Februari 2024

Persemaian Permanen BPTH dan MH2T Provinsi Kalimantan Selatan


Bagi ASN / PNS /P3K yang berada di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan "Persemaian Permanen BPTH". BPTH sendiri merupakan sebuah fasilitas yang dibangun oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan untuk menyediakan bibit berkualitas bagi program "REVOLUSI HIJAU" yang digagas oleh Gubernur H. Sahbirin Noor. Persemaian ini berlokasi di jalan Mitra Praja kawasan Pusat Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Memiliki target produksi bibit sebesar 1.500.000 batang per tahun, persemaian ini juga menjadi sarana edukasi bagi siswa dan masyarakat untuk belajar tentang tanaman, cara mengembangkan dan memeliharanya. Persemaian ini menanam berbagai jenis pohon seperti cempaka, kalangkala, kepayang, meranti merah, meranti putih, mersawa dan ulin.

Persemaian ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengurangi efek pemanasan global, mencegah bencana, dan meningkatkan konservasi sumber daya genetik tanaman hutan.

Selain hal di atas, pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga memiliki Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T) atau Tropical Rain Fores Miniature of South Borneo. MH2T adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan ekosistem hutan hujan tropis di Indonesia khususnya di Kalimantan.

Manfaat:

  • Mengurangi efek pemanasan global dan pencemaran udara, dengan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.
  • Mencegah bencana seperti banjir, longsor, dan kebakaran hutan dengan menjaga keseimbangan hidrologi dan menstabilkan tanah.
  • Meningkatkan konservasi sumberdaya genetik tanaman hutan, dengan melindungi spesies endemik dan langka dari kepunahan.
  • Menyediakan sarana edukasi, penelitian dan rekreasi bagi masyarakat dengan memperkenalkan kekayaan flora dan fauna hutan hujan tropis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARI TUNA SEDUNIA

Hari tuna sedunia diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan tuna. Tun abukan sekadar ikan ya...